Thursday, May 17, 2007

Terapi Jus buah dan sayur

salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat adalah dengan terapi jus buah dan sayur. Sudah lama diketahui bahwa buah dan sayur mengandung antioksidan yang tidak terhitung jumlahnya. Antioksidan ini mampu mengubah sel-sel tubuh menjadi pengaman untuk melawan radikal bebas penyebab penuaan. Memang, radikal bebas bisa membantu menghancurkan infeksi secara efisien, namun terkadang tidak dapat dikontrol di dalam tubuh, dan bisa menyerang sel-sel tubuh.

Akibatnya, sel-sel tubuh pun mati. Nah, antioksidan berfungsi mencegah berkembangnya radikal bebas di dalam tubuh sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak tersebut. Itulah sebabnya, antioksidan membantu mencegah penuaan dini.OBAT PUNYA EFEK
Tubuh manusia yang terdiri dari unsur-unsur atom, seperti oksigen, karbon, hidrogen, nitrogen dan kalsium, membutuhkan unsur-unsur yang sama agar tetap sehat dan kuat. Jika di dalam darah, sel-sel, dan otot organ-organ tubuh tidak terdapat keseimbangan unsur-unsur di atas atau salah satu kurang, maka tubuh pun tidak lagi dalam keadaan sehat. Keadaan seperti ini disebut toxemia yang berarti keracunan atau sakit.Menurut Prof. DR. Radja Aman Nainggolan, “Kita adalah apa yang kita makan (we are what we eat). Kalau kita makan makanan bergizi, kita akan memperoleh tubuh yang sehat.” Oleh sebab itu, kita harus bisa memilih makanan yang bergizi, yakni makanan yang dapat memenuhi segala kebutuhan tubuh agar tetap sehat, termasuk buah-buahan dan sayur-sayuran tadi.

Menurut Radja, orang yang sedang sakit sebetulnya tidak butuh obat. “Yang dibutuhkan hanya istirahat, makan teratur, kunjungan keluarga, serta pengawasan dokter. Apalagi, banyak obat yang memiliki efek samping yang bisa memengaruhi sistem kerja metabolisme tubuh.

Sehingga, biasanya orang sakit diberikan jenis obat lebih dari satu macam, yang salah satu fungsinya sebagai vitamin sebagai penyeimbang efek samping obat lainnya. Belum lagi harganya yang mahal” lanjut penulis buku Diet dan Juice Therapy ini.

Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa obat-obatan konvensional yang ada hanya mampu menyembuhkan penyakit sekitar 30 persen saja. “Sedangkan penyembuhan utama (sekitar 70 persen) adalah makanan. Dengan kata lain, penyembuhan penyakit yang semata-mata hanya mengandalkan obat-obatan belum tentu dapat menyembuhkan secara sempurna.”

JUICER ATAU BLENDER
Makanan yang ideal adalah hanya 30 persen yang boleh dimasak, yaitu nasi, kentang, ubi dan sebagainya. Sedangkan sisanya (70 persen) yang berupa biji, buah, sayur, harus dalam keadaan mentah. Pasalnya, “Makanan yang dimasak matang nilai gizinya akan berkurang dan tidak akan menumbuhkan sel-sel baru di dalam tubuh, karena enzim di dalam makanan akan mati.”Sayur dan buah segar juga bisa memperpanjang usia. Sebaliknya, makanan yang dimasak matang akan memperpendek usia.”Tak perlu takut makanan mentah akan mengganggu kesehatan, yang penting dijaga kebersihannya. Cuci lebih dulu, rendam dan cuci kembali dengan air bersih sebelum dikonsumsi,” ujar Radja.

Untuk memperoleh jus, kini bisa dibantu dengan juicer atau blender. “Fungsi keduanya sama. Buah yang diblender akan terserap habis oleh usus selama 20 menit, sedangkan kalau tidak diblender akan menghabiskan waktu sekitar 18 jam,” jelas Radja.

Juicer lebih baik, karena yang dihasilkan adalah sari buah atau sayur yang nilai gizinya sangat tinggi. Sementara blender menghasilkan campuran sari buah/sayur dan ampasnya, dengan nilai gizi yang lebih rendah.” Namun, kedua alat tersebut sama-sama memudahkan menakar jumlah jus yang akan dikonsumsi. Misalnya, satu gelas jus wortel sama dengan 1 kg wortel.”

Dari segi harga, juicer memang lebih mahal daripada blender, namun itu bisa dipermudah dengan mengupas kulit buahnya sebelum diblender. “Cara lain yang lebih mudah dan murah adalah dengan memarut buah atau sayur. Hasilnya memang tidak sebagus juicer atau blender, karena setelah diparut perlu disaring lagi untuk memisahkan amplasnya,” ungkap Radja.

MEMBANTU PENCERNAAN
Terapi jus juga akan membantu kerja pencernaan. Jika makanan keras membutuhkan beberapa jam untuk dicerna dan diserap ke dalam sel-sel dan jaringan tubuh, maka dalam bentuk sari buah/sayur, hanya dalam waktu 30 menit sudah diserap tubuh. “Terapi jus membantu mereka yang mempunyai pencernaan lemah dan lanjut usia, karena makanan langsung diserap tubuh.”

KLIK - Detail Sari buah juga amat diperlukan dan lebih praktis bagi mereka yang sedang dalam proses penyembuhan penyakit. “Soalnya, jus cepat diserap tubuh dan kerja sistem pencernaan pun jadi tak kelewat berat. Pokoknya, untuk mencegah penyakit, kita perlu mengonsumsi makanan segar secara teratur dan bervariasi, sembari sesekali mengonsumsi jus buah dan sayuran,” urai Radja.Seberapa banyak sebaiknya kita mengonsumsi jus setiap hari? “Idealnya 3 kg, terutama bagi mereka yang baru menjalankan terapi jus,” ujar Radja. MINUM SEBELUM MAKAN
Sebelum melakukan terapi jus, perlu diperhatikan hal-hal tertentu agar hasil yang diperoleh maksimal, antara lain:
1. Jus buah atau sayur jangan dicampur apa-apa, seperti gula dan air.
2. Harus segera diminum, diperbolehkan disimpan di dalam botol dan dimasukkan di dalam kulkas paling lama 5 jam.
3. Semangka boleh dijus, namun hanya boleh dicampur melon, wortel dan nanas. Ini karena semangka terlalu banyak mengandung gula, sehingga bisa terjadi pengasaman.
4. Buah dan sayur harus segar dan dicuci dulu. Ciri buah/sayur segar berwarna kuning kemerah-merahan
5. Sebaiknya jus buah/sayur diminum sebelum makan, agar lebih cepat diserap karena belum ada zat makanan lain, dengan jeda 10 menit setelah mengonsumsi jus buah atau sayur.
6. Terapi jus dapat dilakukan tanpa batas umur. Bayi boleh melakukan terapi jus setelah tak lagi minum ASI.

THREE DAY CLEANSING
Salah satu cara untuk membantu membersihkan tubuh dari sisa-sisa makanan sehingga terhindar dari penyakit adalah three day cleansing dengan terapi jus. “Pembersihan dapat dilakukan sedikitnya 4 kali setahun, namun jika sanggup, bisa dilakukan sebulan sekali. Salah satu pembersih tubuh yang baik adalah buah apel dan wortel.”

Hari pertama
Sekitar pukul 6 pagi, minum 1,5 - 2 gelas sari pepaya. Pilih pepaya yang tidak terlalu matang atau mentah, yang berfungsi sebagai pencahar untuk membersihkan perut. Setengah jam kemudian, konsumsi sari wortel, tanpa dicampur apa pun. Boleh diminum 5 - 6 kali sehari (setiap dua jam sekali) sebanyak 3 liter. Jika tidak cocok, bisa diganti dengan sari buah atau sayur lainnya. “Selama masa pembersihan ini, tidak diperbolehkan memakan apa pun.”

Hari kedua
Sama dengan hari pertama, namun tambahkan satu batang wortel di siang hari, ditambah sesendok teh minyak zaitun, 3 kali sehari (pagi, siang dan malam). Fungsinya sebagai pelumas bagi kerongkongan dan usus.

Hari ketiga
Tidak usah mengonsumsi sari pepaya. Lainnya, sama seperti hari pertama dan kedua. Pada hari ketiga, Anda akan merasa lapar, “Tapi ini bukan karena kekurangan zat-zat yang dibutuhkan tubuh, melainkan karena tubuh sedang dibersihkan dari sisa-sisa makanan yang dibuang dalam tubuh,” ujar Radja.

Hari keempat dan kelima
Kalau sudah tidak dapat bertahan, boleh mengonsumsi sari buah atau sayur lainnya. Namun, kalau ingin mengonsumsi makanan, sebaiknya konsumsi makanan mentah tanpa dimasak. Sesudah satu minggu, boleh kembali mengikuti menu makanan kebiasaan sehari-hari dengan mengurangi makanan yang dimasak, gula, garam dan minyak, telur daging dan ikan. “Jangan minum susu putih, roti putih, mentega dan keju, merokok, minuman keras kopi dan teh.”Meski three day cleansing sudah selesai dilakukan, jangan lupa minum air putih sebanyak-banyaknya dan meneruskan konsumsi sari buah atau sayur setiap hari.

HILANG SUARA SAMPAI NAFAS BAU
Beberapa resep di bawah ini bisa bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain:
* Aphoni (kehilangan suara)
Pagi :
Wortel 1 gelas, bayam 1/2 gelas
Siang :
Wortel 1 gelas
Sore :
Wortel 1 gelas, dandelion 1/3 gelas
Lobak : 1/4 gelas
Malam:
Wortel 1 gelas, selada 1/2 gelas
Peterseli 1/3 gelas

* Sakit Kepala
Pagi:
Wortel 1 gelas,bayam 1/2 gelas
Siang:
Celery (seledri) 1/2 gelas, wortel 1 gelas
Bayam 1/3 gelas
Malam:
Wortel 1 gelas, Bit 1/3 gelas
Timun 1/3 gelas

* Insomnia (susah tidur)
Pagi:
Wortel 1 gelas, Bayam 1/2 gelas
Siang:
Wortel 1 gelas, Celery (seledri) 1/2 gelas
Malam:
Wortel 1 gelas, Bit 1/3 gelas
Timun 1/3 gelas

* Napas bau (Halitosis)
Wortel 1 gelas dan bayam 1/2 gelas, sebanyak 3 kali sehari.*Takaran dibuat berdasarkan 1 liter = 4 gelas.

2 comments:

Unknown said...

Perkenankan kami PT. SUKSES PRATAMA JAYA memperkenalkan diri sebagai distributor HUROM SLOW JUICER sebagai aplikasi pada kebutuhan rumah tangga, komersil dan kesehatan (home appliance, commercial, and healthcare). Kami menyediakan produk yang mempunyai kelas tersendiri dengan harga yang kompetitif. Produk Slow Juicer kami adalah mesin ekstrak sari buah dan sayuran yang bekerja untuk mendapatkan sari gizi murni untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan para pengunanya secara jangka panjang. Produk Slow Juicer kami dapat menghasilkan variasi minuman seperti jus buah-buahan, jus sayuran, jus kacang-kacangan, dan varian Yogurt, yang sangat baik untuk mendukung terpenuhnya kandungan vitamin, gizi, enzyme, protein dan mineral yang dibutuhkan tubuh manusia.
Jika Berminat silahkan menghubungi Johanes (Marketing Hurom Slow Juicer): 085287198185

Unknown said...

Perkenankan kami PT. SUKSES PRATAMA JAYA memperkenalkan diri sebagai distributor HUROM SLOW JUICER sebagai aplikasi pada kebutuhan rumah tangga, komersil dan kesehatan (home appliance, commercial, and healthcare). Kami menyediakan produk yang mempunyai kelas tersendiri dengan harga yang kompetitif. Produk Slow Juicer kami adalah mesin ekstrak sari buah dan sayuran yang bekerja untuk mendapatkan sari gizi murni untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan para pengunanya secara jangka panjang. Produk Slow Juicer kami dapat menghasilkan variasi minuman seperti jus buah-buahan, jus sayuran, jus kacang-kacangan, dan varian Yogurt, yang sangat baik untuk mendukung terpenuhnya kandungan vitamin, gizi, enzyme, protein dan mineral yang dibutuhkan tubuh manusia.
Jika Berminat silahkan menghubungi Johanes (Marketing Hurom Slow Juicer): 085287198185